Mengenal Aplikasi Powtoon

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju saat ini juga telah mempengaruhi banyaknya software yang bisa membantu kita dalam menyampaikan sesuatu atau presentasi misalnya saja seperti Power Point, Prezi, dan Powtoon. Namun sampai saat ini yang sering digunakan hanyalah Power Point  saja. Tapi perlu kalian tau, ternyata masih banyak loh software lain yang lebih menarik dan lebih mudah diaplikasikan. Misalnya saja Powtoon. Nah, apakah kalian semua sudah tau apa itu Powtoon ? atau kalian termasuk orang yang hanya mengenal Power Point dan bahkan sama sekali tidak tau bentuk dari aplikasi Powtoon ? jika kalian termasuk orang yang tidak tau apa itu powtoon dan hanya sekedar tau saja, simak baik-baik pembahasan berikut ya guys. Jangan sampai kalian hanya sekedar tau aplikasi power point saja dan tidak tau aplikasi keren lainnya . Karena kita sebagai generasi milenial tentunya harus pintar-pintar mencoba hal baru untuk terus berinovasi menciptakan hal yang berbeda ya guys.  Nah langsung saja saya akan berbagi informasi tentang pengertian, pengaplikasian, kekurangan dan kelebihan dari Aplikasi Powtoon
Pengertian Aplikasi Powtoon
Powtoon merupakan salah satu aplikasi dari banyaknya software yang digunakan sebagai media presentasi.  Powtoon adalah aplikasi berbasis online yang digunakan untuk membuat paparan singkat dengan fitur animasi yang sangat menarik, dimana fitur yang disediakan pada aplikasi powtoon ini seperti animasi tulisan tangan, kartun, dan efek transisi yang lebih hidup. Dari fitur yang disediakan aja, pastinya jika menggunakan aplikasi Powtoon untuk media presentasi hasilnya lebih keren dan inovatif ya guys. Namun seperti yang kita tau bahwa kebanyakan orang hanya mengenal Power Point saja, jadi untuk aplikasi Powtoon ini sendiri masih belum diketahui secara luas oleh sebagian orang, karena aplikasi powtoon masih cukup baru dikalangan masyarakat. Padahal aplikasi Powtoon tidak hanya dapat memaparkan tulisan saja, namun juga bisa menghasilkan animasi video yang sangat menajubkan sehingga dapat membuat efisien dalam penyampaian materi dengan video yang lebih hidup. Jadi dapat dikatakan bahwa dengan adanya aplikasi powtoon ini dapat memberikan variasi dan inovasi baru pada media penyampaian sesuatu dengan sejumlah fitur menarik yang disediakan.


Dengan aplikasi powtoon, pengguna dapat memilih beberapa fitur yang tersedia seperti membuat presentasi, animasi video, infographic video dan lain sebagainya.  Powtoon dapat mempersembahkan video animasi. Oleh sebab itu pengguna Powtoon perlu menggunakan internet untuk menjalankan  animasi ini. Sekedar informasi tamabahan aja ya guys, Powtoon  ini didirikan pada Januari 2012, mengikuti  investasi putaran benih senilai $ 180 ribu pada Desember 2011. Perusahaan ini merilis versi beta pada Agustus 2012 dan sejak itu telah mengalami pertumbuhan pelanggan yang cepat. Pada Desember 2012 Powtoon mendapatkan investasi $ 600.000 dari perusahaan modal ventura yang berbasis di Los Angeles, Startup Minds. Pada Februari 2013, Powtoon memperkenalkan opsi akun gratis yang memungkinkan pengguna membuat video animasi yang dapat diekspor ke YouTube . Video gratis ini termasuk branding dari Powtoon. Sekali lagi ya guys, wkkwk. Powtoon ini merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan,animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan timeline yang sangat mudah. Powtoon merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat sebuah paparan. Paparan pada Powtoon memiliki banyak karakter kartun, model animasi dan benda-benda kartun lainnya yang membuat layanan ini sangat cocok digunakan untuk membuat media penyampaian yang menarik
Cara Menggunakan Aplikasi Powtoon
Berikut merupakan cara singkatnya untuk menggunakan aplikasi powtoon :
  • Setelah itu akan muncul halaman pendaftaran. Jika kalian belum mendaftar menjadi anggota di web Powtoon, silahkan mendaftar terlebih dahulu. Untuk mendaftarnya  bisa menggunakan akun Google, Facebook, Linkedin, atau dengan office 365
  • Jika  sudah memiliki akun, kalian bisa klik tulisan Log in dibagian atas sendiri. Isi username dan passwordnya bila menggunakan email atau menggunakan akun Google, Facebook,  maupun Linkedin.
  • Setelah Log in, tampilan Powtoon akan tampak menu untuk membuat animasi. Dalam tutorial ini saya memilih membuat presention. Kemudian memilih template sesuai dengan selera dan kemauan kita ya guys.
  • Kemudian tampilannya akan seperti dibawah ini, kalian dapat memasukkan tulisan atau yang lainnya dengan fitur-fitur yang tersedia disamping kanan yang terdiri dari background, text, character, images, prop dan lain sebagainya.

Apabila kalian telah selesai membuat presentasi sesuai dengan kebutuhan, klik tombol Export. Kemudian silahkan pilih fitur yang akan digunakan, misalnya kita ingin memilih slideshow atau movie. Dari pilihan tersebut maka presentasi yang kita buat akan jadi slideshow atau movie.
Kelebihan Aplikasi Powtoon
Adapun kelebihan aplikasi powtoon adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki animasi-animasi yang menarik.
  2. Sangat pas jika presentasi menggunakan powtoon pada jenjang sekolahan karena bisa mengusir rasa bosan melalui animasi-animasi yang dimilikinya.
  3. Hasilnya sangat menarik jika diiringi suara latar belakang yang pas.
  4. Interaktif
  5. Mencakup segala aspek indera pengelihatan dan pendengaran (pebagai media)
  6. Penggunaannya praktikal
  7. Kolaboratif
  8. Dapat digunakan dalam kelompok besar
  9. Lebih bervariasi
  10. Dapat memberikan feedback
  11. Memotivasi pengguna
Kelemahan Aplikasi Powtoon
Adapun kelemahan aplikasi powtoon adalah sebagai berikut :
  1. Presentasi menggunakan powtoon itu kurang efektif. Terutama di jenjang perguruan tinggi. Karena durasi yang digunakan itu terlalu singkat sehingga sangat sulit bagi peserta untuk memahami materi yang akan disampaikan.
  2. Proses pembuatannya harus terhubung ke internet dan memerlukan waktu yang lama.
  3. Tidak bisa diberi musik latar belakang dari aplikasinya secara langsung. Jika dilakukan maka akan blank. Dan harus mengulang dari awal lagi.
  4. Perlu disesuaikan antara perkakasan dan keperluan perisian
  5. Membutuhkan dukungan SDM yang profesional untuk menggoperasikannya.
Nahh berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Powtoon yang telah dipaparkan diatas,  dapat ditarik kesimpulan bahwa jika diliat dari kelemahannya dalam mengoperasikan aplikasi Powtoon dibutuhkan keahlian dari pengguna untuk dapat menghasilkan media presentasi yang semenarik mungkin. Tapi jika diliat dari kelebihannya, Aplikasi Powtoon ini merupakan media presentasi yang dapat memberikan inovasi baru serta meberikan tampilan yang berbeda dari aplikasi yang lainnya. Jadi jika kalian ingin berinovasi untuk mecoba menggunakan media presentasi yang lebih hidup dan menarik tentunya kalian wajib mencoba aplikasi Powtoon ini ya guys.  Dan jangan pernah takut mencoba untuk mendapatkan hasil yang tidak biasa. Salah satu contohnya yaitu dengan mencoba Aplikasi Powtoon ini guys :) Selamat mencoba dan berkreasi generasi milenial.

Komentar

Posting Komentar